Upacara Hari Kesaktian Pancasila

Sangkuriang-Bandung. Brigjen TNI Heny Setyono, S.Psi., M.Si memimpin langsung Upacara Hari Kesaktian Pancasila dan bertindak sebagai Komandan Upacara Letkol Caj Teguh Prihatin Susilo Utomo, S.Psi., M.Psi., Psikolog. bertempat di lapangan upacara Bhinneka Madispsiad. Minggu (1/10/2023).

Upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini merupakan wujud penghargaan dan penghormatan kepada para pahlawan yang telah gugur untuk mempertahankan Pancasila dan mengenang kembali pengorbanan para pahlawan revolusi, serta meningkatkan kewaspadaan terhadap ancaman dan bahaya laten komunis.

Selain itu, upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila juga sebagai wahana untuk menanamkan keyakinan kepada seluruh warga bangsa Indonesia bahwa Pancasila merupakan pandangan hidup bangsa dan dasar Negara Republik Indonesia yang tidak boleh diubah oleh siapapun.
Dalam upacara tersebut, juga dilakukan pembacaan teks pembukaan UUD 1945 dan pembacaan ikrar oleh seorang perwira menengah serta pembacaan doa untuk para pahlawan dan juga untuk seluruh bangsa Indonesia.

“UPAKRIYA LABDHA PRAYOJANA BALOTTAMA”
(Mengabdi untuk membentuk Prajurit yang berdaya guna dan berhasil guna)